Sabtu, 28 April 2018

Pengertian, Fungsi dan Cara kerja ( Aliran ) Cooling system, Lubrication system, Air system and Fuel system


Cooling System





      Cooling system Adalah salah satu sistem pada engine yang berhubungan dengan sistem pendinginan suhu komponen.

Fungsi :

      Cooling System digunakan untuk mendinginkan atau menurunkan suhu kerja pada engine agar tetap berada pada suhu kerja atau suhu yang ditentukan.

Cara kerja :

       Ketika unit dinyalakan akan membuat sistem pada engine akan mulai bersirkulasi. Pada sistem pendingin air coolant pada radiator akan dipompa oleh water pump menuju oil cooler untuk mendinginkan oli yang menuju ke engine, air coolant lalu mengalir menuju water jacket untuk mendinginkan temperature cylinder block yang panas saat beroperasi, suhu akan dijaga oleh thermostat agar tetap berada pada suhu 70-90 derajat celcius, jika suhu air coolant melebihi suhu tersebut maka expander pada thermostat akan membuka dan mengalirkan air coolant menuju radiator untuk di dinginkan kembali suhunya dengan menggunakan udara yang dihasilkan oleh kipas.

Komponen – komponen luar sistem pendingin :

1. Water pump
                5. Radiator
2. Oil cooler
                6. Radiator cap
3. Lubang - lubang pada engine block dan              
    cylinder head

4. Thermostat 
                 7. Hose serta pipa - pipa   
                     penghubung


Komponen dalam :

-       ·Radiator
         Vacum Valve
         Pressure Valve
-        ·Fan
         Motor fan
-        ·Hose / Pipe
-        ·Oil Cooler
-        ·Water Jacket
-        ·Thermostat
         Expander
-        ·Water Return





Fuel System



     Fuel system Adalah salah satu sistem yang mensirkulasikan bahan bakar pada engine.

Fungsi :

        Fuel sistem berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke ruang bakar atau juga mengalirkan bahan bakar ke seluruh komponen yang membutuhkan bahan bakar.

Cara kerja :

        Ketika unit dinyalakan akan membuat sistem pada engine akan mulai bersirkulasi. Fuel yang berada pada fuel tank akan dihisap oleh feed pump dan dialirkan menuju fuel filter untuk disaring dari partikel-partikel kotoran, fuel yang sudah bersih lalu dialirkan menuju fuel injection pump, pada FIP fuel akan diatur tekananya oleh governor dan dialirkan menuju noozle, dan ketika proses pembakaran pada silinder fuel akan disemprotkan dengan cara dikabutka keruang bakar, fuel yang berlebih pada noozle akan kembali di alirkan menuju fuel tank.

Komponen :

-       ·  Fuel Tank
            Tensioner
            Drain Plug
            Water Separator
-        · Feed Pump
-        · Fuel Injection Pump
-        · Priming Pump
-        · Filter
           Governor
-        · Pipe
-        · Noozle








Lubrication System




        Lubrication system Adalah salah satu sistem pada engine yang berhubungan dengan oli dam dan pelumasan.

Fungsi :

        Lubrication System diunakan untuk mengalirkan oli dari oil tank ke seluruh sistem yang membutuhkan pelumasan pada proses kerjanya

Cara Kerja :

         Ketika unit dinyalakan akan membuat sistem pada engine akan mulai bersirkulasi. Oil pada oil pan dipompa oleh oil pump ke main relief valve untuk diatur tekanannya agar tidak meleihi 10 bar, jika  tekanan oli berlebih maka sebagian oli akan dialirkan kembali ke oil pan, lalu oli dialirkan menuju oil cooler untuk didinginkan, kemudian mengair menuju oil filter untuk disaring dari partikel kotoran, (menuju main gallery dimana terdapat regulator valve menjaga tekanan oli dalam main gallery agar selalu konstan), oli selanjutnya dialirkan ke beberapa komponen yang membutuhkan pelumasan seperti : Crank Shaft, Piston Cooling Noozle, Camshaft, Rocker Arm System, Turbocharge(turbo shaft turbin), Timing Gear, dan FIP.

Komponen :

-        · Oil tank
          Oil Tensioner
          Oil Pump
-        ·Oil Cooler
-        ·Oil Filter
-        ·Main Relief Valve
-        ·Regulator Valve
          Adapter
-        ·Safety Valve
-        ·Piston Cooling Noozle
-        ·Crankshaft
-        ·Camshaft
-        ·Piston
-        ·Rocker Arm system
-        ·Intake Valve
-        ·Exhaust Valve
-        ·Fuel Injection Pump
-        ·Shaft Turbocharger
-        ·Timing Gear


Air System



       Air system Adalah salah satu system yang mengalirkan udara menuju ruang bakar.

Fungsi :

       Air System digunakan untuk menghisap dan mendistribusikan udara keruang bakar dimana udara sebagai salah satu komponen selain api dan bahan bakar yang  digunakan untuk menghasilkan langkah kerja.

Cara Kerja :

        Ketika unit dinyalakan akan membuat sistem pada engine akan mulai bersirkulasi. Pada sistem udara,udara pertama kali masuk melalui pre cleaner , lalu menuju air cleaner untuk disaring , udara yang bersih selanjutnya akan masuk melalui blower dan mengalir ke after cooler untuk mendinginkan udara agar partikel udaranya mengecil, serta selanjutnya masuk ke ruang bakar untuk proses pembakaran, sisa gas buang keluar melalui valve exhaust dan mendorong  turbin exhaust sekaligus keluar melalui muffler.

Komponen :

· Pre Cleaner
-        ·Air Cleaner
-        ·Dust Indicator
-        ·Turbocharger
          Blower
          Turbin
-        ·After cooler
-        ·Intake Valve
-        ·Cylinder
-        ·Exhaust Valve
-        ·Muffler
-        ·Exhaust Pipe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rahasia Intake Manifold Bengkok

Rahasia Dibalik Intake Manifold Yang Bengkok   Hal yang sepele namun tidak banyak orang tahu,Kenapa intake manifold dibuat ...