Kamis, 26 April 2018

Contoh makalah hasil praktek kerja lapangan, magang dan prakerin (lengkap tentang connection rod)


LAPORAN HASIL
PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
PT. (sesuai perusahaan kalian)
PERIODE 02 JANUARI 2017 S/D 28 APRIL 2017




















DISUSUN OLEH :
NAMA                                       
NIS                                             
KELAS                                       :
STUDI KEAHLIAN                  :

SMK TEKNIK
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
                                                         
LEMBAR PENGESAHAN

Laporan Hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) Pada PT. ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,. Periode: 02 januari 2017 s/d 28 april 2018 yang disusun oleh ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, ini telah diperiksa dan disahkan oleh :
1.      Pembimbing/Supervisor Industri                   
2.      Guru Pembimbing                                          
3.      Koordinator PKL                                           


                                                                                           Balikpapan, 28 April 2018
Guru Pembimbing                                                 Supervisor PT. ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,



………………………………..                                                  ……………………………………...
                                                                                                                (Nama, Tanda tangan & Stempel)

Koordinator PKL SMK TEKNIK
Waka Humas / Dudi


……………………………………..


                                                                                                                                                                                                                                                        
DAFTAR ISI
Halaman Judul/Cover               …………………………………...........................................                  
Lembar Pengesahan                   ……………………………………………………………..         i
Daftar Isi                                     …………………………………………………………….        ii
Kata Pengantar                           ……………………………………………………………..       iii
Bab 1 : Profil Perusahaan PT. ,,,,,,,,,,,
-          Sejarah PT.  ,,,,,,                                                                 ………….……………         1
-          Struktur Organisasi PT. ,,,,                                                             ……………….         2
-          Bidang Usaha, Alamat, dan Identitas PT. ,,,,,                                                               2-3
Bab 2 : Hasil Praktik Kerja Lapangan
-          Kompetensi dan Pengalaman Yang Diperoleh Selama PKL   …………………...     4-13
-          Kesesuaian Dengan Profil Kompetensi Yang Ditentukan Oleh Sekolah  ……….         14
Bab 3 : Penutup                                                                                                                             
-          Kesimpulan             ……………………………………………………………….        15
-          Saran           ……………………………………………………………………….        15
Lampiran :
-          Foto copy sertifikat             ……………………………………………….………   
-          Foto kegiatan dan Tugas Akhir (atau lampiran yang dianggap perlu)  …….…….   16-17






                                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                                                                              
Kata Pengantar

Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat dan bimbingan-Nya, sehingga saya mampu menyusun makalah ini.
Makalah ini saya susun berdasarkan hasil Praktik kerja lapangan (PKL) selama 4 bulan. Dikemas dengan rangkuman Hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL).
Demi perbaikan makalah ini, segala saran, kritik dan masukan yang sifatnya membangun akan senantiasa saya terima dengan lapang hati. Semoga makalah ini bisa berguna dan bermanfaat.
















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  
BAB I
Profil Perusahaan/Instansi

1.1    Profil / Sejarah PT. ,,,,,,,,,, (sesuai perusahaan tempat kalian magang)










                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 
Bab II
Connecting Rod (Batang Torak)

Batang piston (connecting rod atau conrod) menghubungkan piston ke crankshaft atau poros engkol. Bersama dengan crankshaft, sistem ini membentuk mekanisme sederhana yang mengubah gerak lurus/linear menjadi gerak melingkar.
Karena batang piston itu kaku, maka ia dapat meneruskan tarikan dan dorongan, sehingga batang pistonnya dapat merotasi crank melalui kedua bagian dari revolusi, yaitu tarikan piston dan dorongan piston. Mekanisme generasi awal, misalnya pada rantau, hanya dapat menarik. Dalam beberapa mesin 2 tak, batang pistonnya hanya digunakan untuk mendorong.

Batang torak (conecting rod) menghubungkan torak dan poros engkol. Bagian yang kecil disebut small end dan bagian yang besar yang berhubungan dengan poros engkol disebut big end.

Batang torak berfungsi meneruskan tenaga dari torak menuju poros engkol. Crank pin pada big end berputar dengan kecepatan tinggi saat mesin berputar hal ini mengakibatkan temperatur menjadi tinggi, untuk mengatasi hal itu maka pada bagian tersebut dipasang bantalan poros engkol atau biasa disebut metal

Fungsi Connecting Rod antara lain :
  • Menghubungkan piston dan poros engkol (kruk-as)
  • Merubah gerak lurus piston mejadi gerak putar pada poros engkol (kruk-as)
  • Memindahkan gaya piston ke poros engkol dan membangkitkan momen putar pada poros engkol (kruk-as).                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

                                                 
                                                                                                                                                                                                    
     
Tugas setang piston (seher) sangatlah berat, selain mendapatkan tekanan yang berasal dari piston, batang torak juga medapatkan pembebanan regangan pada saat langkah hisap dan tekukan pada saat mengubah gerak lurus menjadi gerak putar.
Fungsi Dari Batang Torak, Setang Piston, Gula-Gula Atau Connecting Rod adalah salah satu komponen mesin yang berfungsi untuk menghubungkan piston ke poros engkol dan selanjutnya menerima tenaga dari piston yang diperoleh dari pembakaran dan meneruskannya ke poros engkol.

Bahan pembuatan Connecting Rod:
·         Iron Case (besi cor)
·         Titanium
·         Baja
·         Aloe (aluminium+besi)

Keuntungan:
·     -             Iron Case adalah besi cor atau besi tuang yang kekuatanya besar karena kepadatan bahan material yang menyatu dengan baik. Iron case tidak mudah patah dan tidak mudah berkarat.
·     =       Titanium adalah besi dengan level tertinggi sebagai besi dengan kualitas terbaik. Titanium anti karat, kuat (tidak mudah patah), dan konstruksi yang ringan.
·       -            Baja adalah besi yang anti karat dan kuat dalam menerima beban berat.
·      -        Aloe adalah besi yang tidak mudah berkarat karena berasal dari campuran aluminum, edikit lebih elastis saat berda pada suhu yang tinggi sehingga tidak mudah patah dan mengurangi kebocoran, serta beban yang ringan.

Bahan pembuatan piston terbuat dari baja dengan perbaikan mutu, contoh 34 CR MO 4 atau besi tuang. Untuk motor balap setang piston biasanya terbuat dari titanium, karena bersifat ringan dan mempunyai kekuatan lebih. Dan untuk motor - motor kecil, batang piston terbuat dari paduan almunium untuk memperingan bobot setang piston.
Batang torak atau connecting rod adalah suatu komponen utama mesin yang berfungsi untuk menghubungkan piston ke poros engkol dan selanjutnya menerima tenaga dari piston yang diperoleh dari pembakaran dan meneruskannya ke poros engkol.
Bagian ujung connecting rod yang berhubungan dengan pin piston disebut small end. Sedangkan yang berhubungan dengan poros engkol disebut big end. Poros engkol berputar pada kecepatan tinggi di dalam big end, dan mengakibatkan temperatur menjadi naik.
Untuk menghindari hal tersebut, maka metal dipasangkan dalam big end. Metal ini dilumasi dengan oli dan sebagian dari oli ini dipercikkan dari lubang oli ke bagian dalam piston untuk mendinginkan piston atau torak. 

Agar tidak membutuhkan tenaga gerak yang besar dari saat yang sama batang torak harus seringan mungkin. Sedangkan agar lebih bobot kuat dalam serta dan lebih ringan pada umumnya batang torak dibuat dengan berbentuk H atau I. Pada batang torak ini pada bagian ujung kecil batang torak dapat dihubungkan dengan torak dengan menggunakan jaminan pena torak, sehingga ujung lain dari batang torak atau ujung besar dapat dihubungkan dengan menggunakan bantalan poros engkol.

Bagian - bagian dari Connecting Rod:
Rod eye, gudgeon-end atau Small end berfungsi sebagai penahan piston pin bushing

  • Piston pin bushing. Bushing merupakan jenis bearing yang mendistribusikan beban dan dapat diganti bila aus.
  • Shank merupakan bagian connecting rod antara small dan big end, berbentuk I-beam yang kuat dan kaku.
  • Crankshaft journal bore dan cap terletak pada bagian ujung besar (big end) connecting rod. Sedangkan Komponen ini membungkus crankshaft bearing journal dan mengikatkan connecting rod ke crankshaft.
  • Bolt dan nut rod mengunci rod dan cap pada crankshaft, disebut crank end atau big end dari connecting rod.

  • Big-end bearing connecting rod terdapat pada crank-end. Crankshaft berputar di dalam bearing connecting rod, yang membawa beban. Connecting rod memindahkan gaya hasil pembakaran ke crankshaft dan mengubah gerakan naik turun menjadi gerak putar.


Sedangkan besi tempa yang dikeraskan dan di-shot peen yang berfungsi untuk membuang tegangan disebut dengan connecting rod, dan pada ujungnya dirancang tirus, sehingga pada langkah tenaga memberikan tambahan bidang kontak antara pin dengan bore. Hal tersebut akan menghasilkan kekuatan serta ketahanan ekstra dari piston dan rod assembley.

Tipe – tipe (bentuk) Connecting Rod:
Menurut tipe cennection road dibagi sesuai dari bahan dasar piston:
1.      Untuk small end:
-          Tirus digunakan untuk piston yang berbahan Aloe (aluminium+besi)
-          Lurus digunakan untuk piston yang berbahan Fcd (metal/besi)

2.      Untuk big end:
Sambungan:
-          Permukaan sambungan Rata
-          Permukaan sambungan seperti Patah/Retak
-          Permukaan sambungan Bergerigi
-          Sambungan Miring(menyudut)

Penguncian:
-          Penguncian dengan menggunakan Satu Baut
-          Penguncian dengan menggunakan Dua Baut
-          Penguncian menggunakan Baut dan Nut

Bentuk connection road pada small end dibuat berbeda agar mempermudah gerakan piston yang disesuaikan pula dengan bahan dasar piston.
Untuk metode dalam pemasangan torak terhadap batang torak ada yang mengikat pena melalui baut mur, sedangkan untuk interference antar batang torak serta pena torak juga menggunakan Snap Ring (circlip) yang berfungsi untuk memegang Pin (pena) di dalam torak
Pada umumnya serta dari kebanyakan yang digunakan, batang torak diproduksi dengan pada tutup dengan posisi rata dan ada juga yang tidak rata. Keuntungan model batang torak yang tutupnya dibuat terpisah ketika pada bagian batang torak dapat dilepas kebagian atas silinder. Sedangkan kelemahan terjadinya tegangan yang terjadi pada baut atau mur pengikat.
Seperti halnya yang digunakan pada poros engkol dan pada bantalan utama yang pada bagian ujung besar batang torak dipasangkan metal sisipan. Agar metal sisipan yang terpasang dengan kuat serta tetap dalam bentuk bulat, maka diperlukan metal sisipan untuk dibuat pengunci seperti baut, dowel, serration dan masih banyak lagi.

Masalah pada Connecting Rod:
·       -      Bending (bengkok)
·        -    Twist (memutar atau melengkung)
Lakukan pengukuran ukuran inside diameter dan pengukuran kondisi fisik Connecting Rod.

Pengukuran keausan:

1.      Lakukan pengukuran inside small end connection road dengan menggunakan jangka sorong
2.      Kalibrasikan / padukan dengan menggunakan inside micrometer
3.      Kalibrasikan juga dengan bore gauge
4.      Hitung berapa diameter dalam small end dan tulis pada check sheet

Mengukur Inside Diameter:

 
      Pengukuran inside diameter small end                       Pengukuran inside diameter big end
                                                                                                                                                          
Cara pengukuran:
1.      Siapkan jangka sorong.
2.      Torque cap Connecting Rod degan badan connection road.
3.      Masukkan pengukur inside diameter pada small end, rapatkan pada ujung-ujung sisi tengah dalam posisi lurus atau seperti memotong ligkaran 180* derajat. Masukkan hasil pengukuran pada check sheet.
4.      Rapatkan penguncian antara cap connecting rod dengan connecting rod assy. Masukkan inside diameter pada big end, rapatkan pada ujung-ujung sisi tengah dalam posisi lurus atau seperti memotong ligkaran 180* derajat. Masukkan hasil pengukuran pada check sheet.

Penting: Bersihkan terlebih dahulu Connecting Rod dan lingkaran dalam big end dengan cara
  merimer atau mengamplas permukaan inside big end.

Mengukur Bending dan Twist:

 
              
                                                  Mengukur Bending                                    


          
                                                                     Mengukur Twist

Cara pengukuran:
1.      Torque cap Connecting Rod degan badan connection road.
2.      Pasang Connecting Rod pada Connecting Rod alignment tool.
3.      Adjust posisi / beri jarak antara Connecting Rod dengan Connecting Rod alignment tool.                    
4.      Check bending memposisikan Connecting Rod pada posisi berdiri dan posisikan indicator stud pada posisi vertical, dan masukkan feeler gauge antara celah indicator stud dengan Connecting Rod alignment tool lalu masukkan hasil pada chek sheet.
5.      Check twist memposisikan Connecting Rod pada posisi berdiri dan posisikan indicator stud pada posisi horizontal, dan masukkan feeler gauge antara celah indicator stud dengan Connecting Rod alignment tool lalu masukkan hasil pada chek sheet.

Penting: Bersihkan terlebih dahulu Connecting Rod dan lingkaran dalam big end dengan cara
       merimer atau mengamplas permukaan inside big end.

Manfaat pengukuran:
·         Bending adalah pengukuran yang dilakukan untuk mengukur kebengkokan suatu Connecting Rod. Dengan ini mechanic dapat mengetahui kondisi Connecting Rod dalam kondisi baik atau bengkok serta sayak pakai atau tidak.
·         Twist adalah pengukuran yang dilakukan untuk mengukur kemiringan putar (melintir) Connecting Rod. Dengan melakukan pengukuran ini mechanic menjadi tahu kondisi Connecting Rod melengkung atau tidak, Serta layak pakai atau tidak.
·         Small end adalah pengukuran yang dilakukan untuk mengukur keausan inside diameter small end suatu Connecting Rod. Dengan ini mechanic dapat mengetahui kondisi Connecting Rod dalam kondisi baik atau bengkok serta sayak pakai atau tidak.
·         Big end adalah pengukuran yang dilakukan untuk mengukur keausan inside diameter big end suatu Connecting Rod. Dengan ini mechanic dapat mengetahui kondisi Connecting Rod dalam kondisi baik atau bengkok serta sayak pakai atau tidak.

Kerusakan pada Connecting Rod:
·        -         Retak
·        -         Patah
·         -        Lingkaran small end terjadi keausan
·         -        Lingkaran big end terjadi keausan

      Lakukan cek visual pada bentuk  fisik connection road , Jika kondisi fisik Connecting Rod terdapat keretakan atau bahkan terdapat kondisi yang patah maka lakukan pergantian connection road.
Pada small end dan big end lakukan pengukuran keausan terlebih dahulu dengan menggunakan alat yang sudah disediakan khusus. Jika terdapat kondisi lingkaran dalam ukuran standart yang ditentukan maka Connecting Rod masih bisa dipakai lagi atau Reuse. Tapi jika  terjadi keausan yang berlebih maka Connecting Rod harus diganti atau sudah tidak bisa lagi digunakan kembali.

                                                                                                                                                  

Connecting Rod patah

Patah pada connection road dapat terjadi jika suhu dalam ruangan pembakaran terlalu tinggi, connection road terbebani oleh suhu dan juga dengan bersamaan Connecting Rod melakukan siklus kerja yang tinggi dan cepat sehingga connection road rentan terhadap patah jika terjadi dalam jangka waktu yang lama. Juga bisa penyebabnya karena Connecting Rod salah memutar yang seharusnya ke kanan malah ke kiri.

Perawatan:
·        - Bersihkan dari kotoran yang menempel
·         -Cuci dengan solar atau bensin sebagai penganti air agar tidak berkarat
·         -Periksa kondisi fisik dan keadaan Connecting Rod
·         -Lakukan pengetesan kelayakan dalam penggunaan kembali Connecting Rod
·         -Packing/simpan connection road jika tidak langsung digunakan
·         -Beri cairan anti karat untuk menjaga kondisi connection road agar tidak berkarat
·       
                  PENTING :  Simpan pada suhu normal dan pada kondisi tidak langsung terkena sinar matahari 
                                dan tidak dalam suhu ruangan yang gelap

Perbaikan :
·       -  Ganti bushing small end jika bushing terdapat keausan
·         -Ganti baut pengunci jika terdapat baut rusak
·         -Ganti connection road jika tedapat kerusakan
·         -Lakukan pengamplasan permukaan inside big end jika terdapat kotoran.
·         -Lakukan cutting pada permukaan yang berlebih

Dalam perbaikan suatu part, lihat dan pastikan standar nilai yang sudah ditetapkan agar kerusakan dapat diperbaiki dan perbaikan menjadi efisien.serta ikuti prosedur dalam perbaikan sehingga dapat mengerti apa yang akan dilakukan.
                                                                                                                                                       
Sebab, Akibat dan Perbaikan connecting rod mengalami masalah dan kerusakan:

No
Penyebab
Akibat
Perbaikan
1.
Tidak ada celah antara Connecting Rod dengan Crankshaft
Kedua komponen sulit untuk bergerak dalam melakukan langkah kerja dan terdapat  keausan yang besar pada kedua komponen.
Lakukan cutting permukaan komponen yang bergesekan jika tidak memungkinkan lakukan pergantian komponen.
2.
Terlalu lebar celah antara Connecting Rod dengan Crankshaft
Gerak kedua komponen tidak sesuai yang seharusnya. Membentur komoponen lain degan keras dan terus menerus.
Lakukan pergantian komponen yang telah melampaui batas minimum ukuran pakai.
3.
Suhu temperatur ruangan terlalu tinggi melebihi standar dalam jangka waktu yang lama
Connecting Rod rusak, meleleh, retak, bahkan patah.
Lakukan pergantian Connecting Rod yang rusak. Cek apa yang membuat suhu ruangan menjati tinggi melebihi standar
4.
Tidak adanya pelumasan antara  Connecting Rod dengan Crankshaft dikarenakan habis.
Terdapat keausan antara  Connecting Rod dengan Crankshaft
Lakukan pergantian komponen
5
Tidak adanya pelumasan antara  Connecting Rod dengan Piston karena habis.
Terdapat keausan antara  Connecting Rod dengan Piston
Lakukan pergantian komponen
6.
Permukaan big end aus
Terapat celah yang berlebih antara  Connecting Rod dengan Crankshaft
Lakukan pergantian komponen
7.
Pergerakan naik turun piston yang cepat dan dalam jangka waktu lama serta suhu tiggi.
Connecting Rod bending (bengkok)
Lakukan pergantian komponen
8.
Baut pengikat patah
Connecting Rod terlepas dari Crankshaft
Lakukan pergantian komponen
9.
Bushing small end aus
Celah berlebih Connecting Rod dengan Pin Piston
Lakukan pergantian komponen
                                                                                                                                                       
Pemasangan Connecting Rod pada Engine :

1.      Pasang Ring piston pada piston
2.      Pasang pin piston
3.      Pasang/kaitkan Connecting Rod pada pin piston
4.      Pasang snapring
5.      Pasang metal pada permukaan big end
6.      Masukkan Connecting Rod kedalam cyinder  dan kaitkan dengan crankshaft
7.      Pasang baut unuk pengunci

Penting : Batang torak harus dipasang sesuai tanda. Bila salah pasang, posisi akan salah dan 
   akan menutup lubang oli. Untuk mencegah hal ini, tiap bagian torak terdapat tanda.
   Tanda ini bermacam- macam tergantung pada tipe mesin dan harus teliti.

           Posisi Connecting rod saat menyatu dengan engine 

                                                                                              
Cara kerja Connecting Rod:

Unit bergerak melakukan putaran didalam engine, motor stater menggerakkan flywheel, ketika engine sudah hidup flywheel memutar crankshaft. Dengan memutarnya crankshaft bersamaan dengan bekerjanya connectig rod. Crankshaft menggerakkan Connecting Rod untuk naik turun. Pertama, connecting rad menarik piston untuk melakukan langkah hisap udara dari titik mati atas ke titik mati bawah. Kedua, Connecting Rod mendorong piston dari titik mati bawah ke titik mati atas untuk melakukan langkah kompresi. Ketiga, saat terjadi pembakaran ledakan membuat piston turun dari titik mati atas ke titik mati bawah dan juga mendorong Connecting Rod ke bawah. Keempat, Connecting Rod mendorong piston dari titik mati bawah ke titik mati atas untuk melakukan langkah buang sisa gas buang elua dari dari ruang bakar.
                                                                                                                              
Kesesuaian Pengalaman dengan Kompetensi di Sekolah


NO

Kegiatan PKL

Kompetensi Sekolah
Kesesuaian Komptensi Sekolah

Keterangan
1.
Melaksanakan Prosedur K3
Menerapkan Prosedur K3

Kompetensi kelas XI
2.
Mengidentifikasi Peralatan
Melakukan pekerjaan dasar Teknik Alat Berat

Kompetensi kelas XI
3.
Melakukan perawatan komponen engine
Melakukan pemeliharaan dan perbaikan Kelistrikan Alat Berat

Kompetensi kelas XI
4.
Melakukan Overhoul Engine
Melakukan pemeliharaan dan perbaikan Engine dan Hidrolik Alat Berat

Kompetensi kelas XI
5.
Melakukan pemeliharaaan Engine
Melakukan perawatan dan perbaikan Power Train dan Hidrolik Alat Berat

Kompetensi kelas XI
6.
Melakukan pemeliharaan turbo charge common rail
Melakukan perawatan dan berbaikan Turbo charge dan Sistem Common Rail Diesel

Kompetensi kelas XI




                                                                                                                                                   
BAB III
Penutup
- KESIMPULAN
    Selama PKL 4 bulan di PT. ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, saya mampu melakukan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi yang dientukan oleh sekolah.

- SARAN
   Berikut akan saya sampaikan saran agar pelaksanaan PKL mendatang bisa menjadi lebih baik :
·         Bagi sekolah : agar tetap berhubungan baik dengan PT. ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
·         Bagi PT. ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, agar bersedia untuk menerima rekan kami pada periode yang akan datang khususnya SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, yang membutuhkan bimbingan Praktek Kerja Lapangan.
·         Bagi keduannya : mohon saling bekerja sama untuk mendidik siswa peserta PKL agar menjadi siswa yang siap dan mampu  terjun di dunia kerja.


         
DAFTAR NILAI
HASIL PRAKTIK KERJA LAPANGAN

Nama Siswa                           
Kelas                                      
Nomor Induk Siswa               

A.    Aspek Teknis

NO

Materi
Nilai
B+
A
A+
1.
2.
3.
Teori Dasar
Pengetahuan Umum
Pengetahuan Kejuruan




B.     Aspek Non Teknis

NO

Materi
Nilai
B+
A
A+
1.
2.
3.
Disiplin
Kinerja
Kerja Sama




C.    Aspek Sikap

NO

Materi
Nilai
B+
A
A+
1.
2.
3.
Hubungan Sesama Peserta Pakerin
Hubungan Dengan Karyawan Perusahaan
Hubungan Dengan Pimpinan Perusahaan




                                                                  Balikpapan, …………………….2017
Pembimbing sekolah                                                          Pembimbing Perusahaan
  SMK ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,     PT. ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,



  (………………………………………..)                 (…………………………………........)
Keterangan Skala Nilai:
9,00-10,00      = A+                8,00-8,99         = A  (Kriteria Ketuntasan Minimal)
7,00-7,99        = B+     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rahasia Intake Manifold Bengkok

Rahasia Dibalik Intake Manifold Yang Bengkok   Hal yang sepele namun tidak banyak orang tahu,Kenapa intake manifold dibuat ...